Daftar Pustaka Manajemen PAUD: Pengembangan Jaringan Kemitraan Belajar
1. Berkowitz, M. W., & Gibbs, J. C. (2010). Building partnerships for early childhood education: A guide for administrators and teachers. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Buku ini memberikan panduan komprehensif tentang membangun dan memelihara kemitraan untuk pendidikan anak usia dini. Ini membahas topik-topik seperti mengidentifikasi mitra potensial, mengembangkan perjanjian kemitraan, dan mengevaluasi keberhasilan kemitraan.
2. Early, D. M., & Pianta, R. C. (2015). Early childhood education: Developmentally appropriate practices. New York, NY: Routledge.
Buku ini memberikan tinjauan mendalam tentang praktik-praktik yang sesuai dengan perkembangan dalam pendidikan anak usia dini. Ini membahas pentingnya membangun kemitraan dengan keluarga dan masyarakat untuk mendukung perkembangan anak secara keseluruhan.
3. Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Boulder, CO: Westview Press.
Buku ini mengeksplorasi peran penting kemitraan sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam meningkatkan hasil pendidikan. Ini memberikan strategi praktis untuk membangun dan memelihara kemitraan yang efektif.
4. Fantuzzo, J., & McWayne, C. (2012). Partnerships for early childhood education: A guide for policy and practice. Baltimore, MD: Paul H. Brookes Publishing Co.
Buku ini memberikan panduan berbasis bukti tentang cara mengembangkan dan menerapkan kemitraan untuk pendidikan anak usia dini. Ini membahas topik-topik seperti perencanaan strategis, pendanaan, dan evaluasi.
5. Kagan, S. L., & Weissbourd, B. (2012). The importance of partnerships in early childhood education. Washington, DC: National Education Association.
Buku ini menyoroti pentingnya kemitraan dalam pendidikan anak usia dini. Ini membahas manfaat kemitraan, tantangan yang mungkin dihadapi, dan strategi untuk membangun kemitraan yang sukses.
6. National Association for the Education of Young Children (NAEYC). (2017). Standards for early childhood professional preparation (3rd ed.). Washington, DC: NAEYC.
Standar ini memberikan panduan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh para profesional pendidikan anak usia dini. Ini mencakup standar untuk membangun dan memelihara kemitraan dengan keluarga dan masyarakat.
7. Pianta, R. C., & Hamre, B. K. (2009). The CLASS: Classroom assessment scoring system. Baltimore, MD: Paul H. Brookes Publishing Co.
Sistem penilaian ini menyediakan kerangka kerja untuk mengamati dan menilai kualitas interaksi guru-anak di ruang kelas PAUD. Ini dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas kemitraan antara guru dan orang tua.
8. Ramey, C. T., & Ramey, S. L. (2010). Early childhood intervention: A developmental perspective. New York, NY: Guilford Press.
Buku ini memberikan tinjauan komprehensif tentang intervensi anak usia dini. Ini membahas pentingnya membangun kemitraan dengan keluarga dan masyarakat untuk memaksimalkan hasil intervensi.
9. Shonkoff, J. P., & Phillips, D. A. (2000). From neurons to neighborhoods: The science of early childhood development. Washington, DC: National Academy Press.
Buku ini menyajikan sintesis penelitian tentang perkembangan anak usia dini. Ini menekankan pentingnya membangun kemitraan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak-anak untuk berkembang.
10. Snow, C. E., & Vandell, D. L. (2009). Early childhood development: Research to practice. New York, NY: Guilford Press.
Buku ini menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Ini membahas topik-topik seperti membangun kemitraan dengan keluarga dan masyarakat untuk mendukung perkembangan bahasa dan literasi anak.


