free hit counter

Rpp Bisnis Online E-service Doc

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

A. Identitas

  • Mata Pelajaran: Kewirausahaan/Bisnis dan Manajemen
  • Kelas/Semester: XII/Ganjil/Genap (dapat disesuaikan)
  • Alokasi Waktu: 4 x pertemuan (dapat disesuaikan)
  • Materi Pokok: Bisnis Online E-Service
  • Sub Materi: Konsep E-Service, Pengembangan Produk E-Service, Strategi Pemasaran E-Service, Manajemen Operasional E-Service, Analisis SWOT dan Perencanaan Bisnis E-Service.

B. Kompetensi Inti (KI)

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

  • KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

C. Kompetensi Dasar (KD)

  • 3.10 Menganalisis peluang dan tantangan bisnis online e-service.
  • 4.10 Merancang dan mengembangkan model bisnis online e-service yang inovatif dan kompetitif.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

D. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  • Menjelaskan konsep dan jenis-jenis bisnis online e-service.
  • Mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam menjalankan bisnis online e-service.
  • Menganalisis kebutuhan pasar dan target konsumen untuk e-service.
  • Merancang produk e-service yang inovatif dan bernilai jual.
  • Mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk e-service.
  • Membuat perencanaan operasional bisnis online e-service.
  • Melakukan analisis SWOT untuk bisnis online e-service.
  • Menyusun rencana bisnis e-service yang komprehensif.
  • Mempresentasikan rencana bisnis e-service dengan percaya diri.

E. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1: Pengantar Bisnis Online E-Service dan Analisis Peluang Pasar

  • Definisi dan jenis-jenis bisnis online e-service (misalnya: layanan konsultasi online, desain grafis online, jasa penulisan, kursus online, dll.).
  • Perbedaan e-service dengan e-commerce.
  • Tren dan perkembangan bisnis online e-service di Indonesia.
  • Analisis peluang pasar: identifikasi kebutuhan, target pasar, dan kompetitor.
  • Studi kasus: analisis keberhasilan dan kegagalan bisnis online e-service.

Pertemuan 2: Pengembangan Produk dan Strategi Pemasaran E-Service

  • Pengembangan produk e-service: identifikasi nilai tambah, fitur unggulan, dan diferensiasi produk.
  • Penetapan harga yang kompetitif dan strategi penetapan harga (cost-plus pricing, value-based pricing, dll.).
  • Strategi pemasaran e-service: digital marketing (SEO, SEM, social media marketing), email marketing, content marketing.
  • Membangun brand image dan reputasi online.
  • Penggunaan platform dan tools digital marketing.

Pertemuan 3: Manajemen Operasional dan Analisis SWOT

  • Manajemen operasional e-service: pengelolaan pelanggan, sistem pembayaran, layanan pelanggan, dan pengelolaan tim (jika ada).
  • Pentingnya sistem manajemen yang efisien dan efektif.
  • Analisis SWOT: identifikasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) bisnis e-service.
  • Strategi untuk memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, memanfaatkan peluang, dan mengatasi ancaman.

Pertemuan 4: Perencanaan Bisnis dan Presentasi

  • Penyusunan rencana bisnis e-service yang komprehensif: executive summary, deskripsi bisnis, analisis pasar, strategi pemasaran, operasional, keuangan, dan tim manajemen.
  • Proyeksi keuangan: perhitungan biaya, pendapatan, dan profitabilitas.
  • Presentasi rencana bisnis e-service: teknik presentasi yang efektif, penggunaan media visual, dan sesi tanya jawab.

F. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Diskusi kelompok
  • Studi kasus
  • Presentasi
  • Penugasan individu dan kelompok
  • Praktikum (jika memungkinkan)

G. Media dan Sumber Belajar

  • Buku teks kewirausahaan/bisnis dan manajemen
  • Modul pembelajaran
  • Internet dan berbagai sumber online
  • Laptop/komputer dan proyektor
  • Software presentasi (PowerPoint, Google Slides)

H. Penilaian

  • Penilaian Sikap: diamati selama proses pembelajaran (kejujuran, tanggung jawab, kerjasama).
  • Penilaian Pengetahuan: tes tertulis, kuis, dan tugas individu.
  • Penilaian Keterampilan: presentasi rencana bisnis, laporan tertulis, dan portofolio.

I. Kegiatan Pembelajaran

Berikut detail kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan:

Pertemuan 1:

  • Pendahuluan (15 menit): Guru memberikan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
  • Penyajian Materi (45 menit): Guru menjelaskan materi tentang konsep e-service, jenis-jenisnya, dan analisis peluang pasar. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya.
  • Diskusi Kelompok (30 menit): Siswa dibagi dalam kelompok untuk mendiskusikan studi kasus tentang bisnis online e-service yang berhasil dan gagal.
  • Penutup (15 menit): Guru memberikan rangkuman materi dan memberikan tugas individu untuk menganalisis peluang pasar untuk jenis e-service tertentu.

Pertemuan 2:

  • Pendahuluan (15 menit): Guru menanyakan pemahaman siswa tentang materi sebelumnya dan memberikan apersepsi.
  • Penyajian Materi (45 menit): Guru menjelaskan materi tentang pengembangan produk dan strategi pemasaran e-service.
  • Praktek (45 menit): Siswa berlatih membuat ide produk e-service dan merancang strategi pemasaran sederhana.
  • Penutup (15 menit): Guru memberikan rangkuman dan memberikan tugas kelompok untuk membuat rencana pemasaran sederhana untuk produk e-service yang telah mereka rancang.

Pertemuan 3:

  • Pendahuluan (15 menit): Guru menanyakan pemahaman siswa tentang materi sebelumnya dan memberikan apersepsi.
  • Penyajian Materi (45 menit): Guru menjelaskan materi tentang manajemen operasional dan analisis SWOT.
  • Diskusi Kelompok (45 menit): Siswa melakukan analisis SWOT untuk produk e-service yang telah mereka rancang.
  • Penutup (15 menit): Guru memberikan rangkuman dan memberikan tugas individu untuk melengkapi analisis SWOT.

Pertemuan 4:

  • Pendahuluan (15 menit): Guru menanyakan pemahaman siswa tentang materi sebelumnya dan memberikan apersepsi.
  • Penyajian Materi (30 menit): Guru menjelaskan materi tentang penyusunan rencana bisnis dan teknik presentasi.
  • Presentasi Kelompok (60 menit): Setiap kelompok mempresentasikan rencana bisnis e-service mereka.
  • Penutup (15 menit): Guru memberikan umpan balik dan kesimpulan.

J. Daftar Pustaka

  • (Tambahkan daftar pustaka yang relevan, baik buku, jurnal, maupun website)

K. Lampiran

  • (Tambahkan lampiran yang diperlukan, seperti rubrik penilaian, contoh rencana bisnis, dll.)

RPP ini merupakan panduan umum dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah serta kemampuan peserta didik. Penting untuk selalu beradaptasi dan menyesuaikan metode dan materi pembelajaran agar tetap relevan dan menarik bagi siswa. Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bisnis Online E-Service: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era Digital

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu