RPP Bisnis Online Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013: Membangun Kesuksesan di Era Digital
Table of Content
RPP Bisnis Online Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013: Membangun Kesuksesan di Era Digital
![]()
A. Identitas
- Sekolah: [Nama Sekolah]
- Mata Pelajaran: Bisnis Online
- Kelas/Semester: XII/1
- Kurikulum: Kurikulum 2013
- Alokasi Waktu: [Jumlah Jam Pelajaran] x 45 menit (Sesuaikan dengan kebutuhan sekolah)
B. Kompetensi Inti (KI)
- KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
![]()
C. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Berikut beberapa contoh KD dan IPK yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah. Jumlah KD dan IPK bisa lebih banyak atau sedikit tergantung cakupan materi yang ingin disampaikan.
KD 1: Menganalisis peluang dan tantangan dalam berbisnis online.
- IPK 1.1: Mendeskripsikan pengertian bisnis online dan perbedaannya dengan bisnis konvensional.
- IPK 1.2: Mengidentifikasi peluang bisnis online di berbagai sektor.
- IPK 1.3: Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis online.
- IPK 1.4: Mengidentifikasi tantangan dan risiko dalam menjalankan bisnis online.
- IPK 1.5: Menyusun strategi untuk mengatasi tantangan dalam bisnis online.

KD 2: Merencanakan dan mengembangkan strategi pemasaran digital untuk bisnis online.
- IPK 2.1: Mendeskripsikan berbagai strategi pemasaran digital (SEO, SEM, Social Media Marketing, Email Marketing).
- IPK 2.2: Menganalisis target pasar dan perilaku konsumen online.
- IPK 2.3: Merancang strategi konten pemasaran digital yang efektif.
- IPK 2.4: Membuat rencana pemasaran digital yang terintegrasi.
- IPK 2.5: Menerapkan strategi pemasaran digital pada platform yang relevan.
KD 3: Membangun dan mengelola toko online yang efektif dan efisien.
- IPK 3.1: Memilih platform e-commerce yang tepat.
- IPK 3.2: Merancang tampilan toko online yang menarik dan user-friendly.
- IPK 3.3: Mengatur sistem pembayaran dan pengiriman yang aman dan efisien.
- IPK 3.4: Mengelola inventaris dan pesanan secara efektif.
- IPK 3.5: Memberikan layanan pelanggan yang memuaskan.
KD 4: Mengelola keuangan dan administrasi bisnis online.
- IPK 4.1: Menyusun rencana keuangan bisnis online.
- IPK 4.2: Mengelola arus kas bisnis online.
- IPK 4.3: Mencatat transaksi keuangan bisnis online.
- IPK 4.4: Menganalisis laporan keuangan bisnis online.
- IPK 4.5: Mematuhi peraturan perpajakan dalam bisnis online.
KD 5: Menerapkan etika dan hukum dalam bisnis online.
- IPK 5.1: Mendeskripsikan etika berbisnis online yang baik.
- IPK 5.2: Memahami peraturan dan perundangan yang berkaitan dengan bisnis online.
- IPK 5.3: Mencegah dan mengatasi pelanggaran hukum dalam bisnis online.
- IPK 5.4: Menghindari praktik-praktik bisnis online yang tidak etis.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran akan disesuaikan dengan KD dan IPK yang telah ditentukan. Berikut beberapa contoh materi pembelajaran:
- Pengantar Bisnis Online: Definisi, peluang, tantangan, dan perbedaan dengan bisnis konvensional.
- Penelitian Pasar Online: Menganalisis target pasar, perilaku konsumen, dan tren pasar.
- Strategi Pemasaran Digital: SEO, SEM, Social Media Marketing, Email Marketing, Content Marketing.
- Platform E-commerce: Memilih platform yang tepat, membangun toko online, dan mengelola toko online.
- Sistem Pembayaran dan Pengiriman: Integrasi dengan payment gateway, manajemen pengiriman, dan layanan pelanggan.
- Manajemen Inventaris: Sistem pengelolaan stok barang dan pemesanan.
- Keuangan dan Administrasi Bisnis Online: Perencanaan keuangan, pengelolaan arus kas, pencatatan transaksi, dan laporan keuangan.
- Etika dan Hukum Bisnis Online: Hak cipta, perlindungan konsumen, dan peraturan perpajakan.
- Studi Kasus Bisnis Online yang Sukses: Analisis strategi dan faktor keberhasilan.
- Praktik Membuat Toko Online: Kegiatan praktik langsung membuat dan mengelola toko online.
E. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan dapat berupa:
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Studi kasus
- Presentasi
- Praktikum/simulasi pembuatan toko online
- Kerja kelompok
- Tugas individu
F. Media dan Sumber Belajar
- Buku teks pelajaran Bisnis Online
- Modul pembelajaran
- Internet dan website e-commerce
- Laptop/komputer
- Power point presentasi
- Video tutorial
- Artikel dan jurnal terkait bisnis online
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Contoh untuk KD 1)
Pertemuan 1: Memahami Bisnis Online dan Peluangnya
- Pendahuluan (15 menit): Guru membuka pelajaran dengan memberikan apersepsi tentang perkembangan teknologi dan ekonomi digital. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan KD yang akan dicapai.
- Kegiatan Inti (60 menit):
- Penjelasan (20 menit): Guru menjelaskan pengertian bisnis online, perbedaannya dengan bisnis konvensional, dan beberapa contoh bisnis online yang sukses.
- Diskusi (20 menit): Siswa dibagi dalam kelompok untuk mendiskusikan peluang bisnis online di lingkungan sekitar mereka.
- Presentasi (20 menit): Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
- Penutup (15 menit): Guru memberikan rangkuman materi dan memberikan tugas individu untuk mencari informasi tentang peluang bisnis online di bidang tertentu.
Pertemuan 2: Mengidentifikasi Tantangan dan Risiko Bisnis Online
- Pendahuluan (15 menit): Guru menanyakan hasil tugas individu pertemuan sebelumnya dan memberikan apersepsi tentang tantangan dalam bisnis online.
- Kegiatan Inti (60 menit):
- Penjelasan (20 menit): Guru menjelaskan berbagai tantangan dan risiko dalam menjalankan bisnis online, seperti persaingan, keamanan data, dan penipuan online.
- Studi Kasus (20 menit): Siswa menganalisis studi kasus bisnis online yang mengalami kegagalan dan mengidentifikasi penyebabnya.
- Diskusi (20 menit): Siswa berdiskusi tentang strategi untuk mengatasi tantangan dan risiko dalam bisnis online.
- Penutup (15 menit): Guru memberikan rangkuman materi dan memberikan tugas kelompok untuk membuat proposal rencana bisnis online sederhana.
(Selanjutnya, langkah-langkah kegiatan pembelajaran akan dibuat untuk setiap KD dan disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia.)
H. Penilaian
Penilaian dilakukan secara komprehensif dengan berbagai metode, antara lain:
- Tes tertulis: Uji pengetahuan dan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Tugas individu: Menilai kemampuan siswa dalam menganalisis, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan pengetahuan.
- Tugas kelompok: Menilai kemampuan kerja sama, komunikasi, dan presentasi siswa.
- Portofolio: Menyimpan hasil kerja siswa selama proses pembelajaran, seperti laporan, proposal bisnis, dan desain toko online.
- Observasi: Menilai sikap dan perilaku siswa selama proses pembelajaran.
- Presentasi: Menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan informasi dan gagasan.
- Praktik/Simulasi: Menilai kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam praktik pembuatan dan pengelolaan toko online.
I. Remedial dan Pengayaan
- Remedial: Bagi siswa yang belum mencapai KKM, akan diberikan bimbingan dan latihan tambahan.
- Pengayaan: Bagi siswa yang telah mencapai KKM dengan nilai tinggi, akan diberikan tugas dan kegiatan pengayaan yang lebih menantang, misalnya riset pasar yang lebih mendalam atau pengembangan aplikasi pendukung bisnis online.
RPP ini merupakan panduan dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah serta kemampuan siswa. Penting untuk selalu mengevaluasi dan memperbaiki RPP agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. Semoga RPP ini dapat membantu dalam proses pembelajaran Bisnis Online di kelas XII semester 1.



